GUNUNG DEMPO PAGAR ALAM

Haiiii sahabat Ranselorange,

Ketemu lagi dengan posting Ranselorange selanjutnya, ranselorange kali ini akan menceritakan perjalanan menarik menuju Gunung Dempo agak berbeda lokasi dengan posting-posting sebelumnya yang bernuansa Laut ,sekarang Ranselorange akan ajak sahabat-sahabat menuju Objek wisata yang dingin, namun lokasinya masih di Sumatra. Kita mulai yu??

Gunung Dempo terletak di kota Pagar Alam, diperbatasan Provinsi Sumatra Selatan dan Bengkulu. . Gunung dempo memiliki ketinggian  3.195 meter diatas permukaan laut. Menurut informasi yang ranselorange dapat dari penduduk sekitar, Gunung Dempo termasuk Gunung Berapi yang masih aktif, hal ini dibuktikan masih serinngnya Gunung Dempo batuk-batuk mengeluarkan asapnya dan terkadang menyemburkan sedikit lumpur kedaratan rendahnya. Gunung Dempo ini masuk dalam gugusan Pegunungan Bukit Barisan.

 Untuk menuju Gunung Dempo ranselorange kali ini akan bahas start dari Kota Palembang, jarak Palembang - Gunung Dempo sekitar 310 km. Sahabat-sahabat Ranselorange bisa menggunakan Mobil pribadi,Travel atau pun Bis Umum dengan estimasi waktu tempuh 7 jam. Rute dari Palembang - Indralaya - Prabumulih - Muara Enim - Lahat - Pagar Alam (Gunung Dempo).

Untuk yang menggunakan jasa angkutan umum, tersedia Travel dengan Budget 70ribu dan Bis Telaga Biru Ekonomi non AC 35ribu yang bisa di dapat di terminal Karya Jaya Palembang angkutan umum ini berangkat paling pagi jam 08.00wib dan keberangkatan akhir pukul 17.00wib untuk update jadwal keberangkatan dan tarif  Bis Umum bisa menghubungi (0711) 70711810- Palembang dan (0730) 621908 - 621598 -Pagar Alam.. Bagi sahabat ransel yang belum pernah menuju Terminal Karya Jaya disarankan lebih baik menyewa ojek atau pun taxi dari bandara. Tarif Ojeg sekitar kurang lebih 20ribu tergantung Negosiasi. 
Selanjutnya penginapan, untuk penginapan di Gunung Dempo sudah cukup banyak fasilitas penyewaan Villa. Ranselorange waktu itu menggunakan Jasa Villa Gunung Gare Besemah dengan rate 270ribu per malam. Lokasi Villa Gunung Gare Besemah tepat berada dikomplek Pabrik teh PTPN dan tepat berada di kaki Gunung Dempo. Ketika membuka jendela pemandangan sekitar kebun teh dan langsung menghadap Gunung Dempo. Kontak Person : 08127390030 (H.Nanang) tarif 440-160ribu .Ada juga Villa Gunung Gare yang bersebelahan dengan Pemda Pagar Alam kontak Person (0730) 625057 tarif  250-900ribu.

                                                                    Villa Gunung Gare



Spot-spot wisata yang wajib dikunjungi selama sahabat Ranselorange berada di Pagar Alam adalah :

1. Puncak Rimau

Puncak Rimau merupakan titik awal untuk mendaki Gunung Dempo, akses jalan yang sangat mendukung membuat Puncak Rimau selalu menjadi buah bibir dikalangan wisatawan. Untuk mencapai Puncak Rimau bisa menggunakan semua jenis kendaraan bermotor. Di puncak rimau juga  pernah diadakan Perlombaan PON untuk cabang Paralayang pada PON ke XVI sehingga disimbolkan Sang Macan yang membawa Obor.

                                                                    Icon PON ke XVI

                                                               Pos 1 Gunung Dempo

                                                     Ranselorangedi Puncak Rimau

Ketika itu jam menunjukan pukul 06.30 wib, udara sangat dingin dan segar, matahari sudah mulai terlihat menerangi sebagian Puncak Gunung Dempo. Pemandangan yang sangat tak terbayar oleh apa pun, Subhanalloh begitu Indah ciptaan Sang Khalik. Terlebih pada saat itu hanya kami berdua pengunjung yang datang, hal ini mungkin bukan long weekend.

Sedang asik-asiknya menikmati pemandangan, ransel orange dikejutkan dengan kabut yang btiba-tiba datang dan cukup membuat kami bingung, berdua dipuncak rimau ditambah kabut tebal yang datang, kami akhirnya memutuskan untuk menunggu di dalam mobil.




                                                   Background jalanan menuju puncak rimau

3.Bangunan Khas Pagar Alam 
Luangkan waktu untuk berfoto ketika dalam perjalanan turun dari puncak rimau. Ada satu bangunan seperti Gubuk namum dengan atap khas Pagar Alam. Letaknya tidak jauh dari puncak Rimau.

                                                    Kabut menutupi Gunung Dempo

Sayangnya ketika kami turun kabut menutupi Indahnya Gunung Dempo, jika sahabatransel beruntung maka background nya akan langsung Gunung Dempo.

3. Tangga Seribu 

Masih dengan objek wisata Kebun teh ada satu nama yaitu Tangga Seribu, jika dilihat dari namanya sahabat ranselorange mungkin langsung mnerka adanya 1000 tangga, namum setelah ranselorange mengunjungi secara langsung anak tangga hanya berjumlah ratusan, mungkin nama ini diambil dari lelahnya ketika mendaki tangga itu jadi serasa Ribuan tangga yang terlewati. Akses menuju tangga seribu dengan menuju Pemda Pagar Alam disanalah objek wisata tangga seribu berada. Objek wisata ini Free hanya bayar jasa parkir kendaraan.













4. Villa Milik Pemda Pagar Alam
Bersebelahan dengan tangga 1000 ada pemandangan yang menurut ranselorange indah untuk diabadikan, ada Villa milik Pemda Pagar Alam. Selain bisa foto kita juga bisa berinteraksi dengan ibu-ibu pemetik teh yang sangat ramah.



5. Tugu Kota Bunga
Tidak jauh dari objek wisata no.4 diatas terdapat tugu kota bunga. Untuk Informasi Pagar Alam terkenal dengan sebutan Kota Bunga. Dan setiap 2 tahun sekali setiap tahun Ganjil.

                                                
6. Air Terjun
Di Pagar Alam terdapat banyak sekali wisata Air Terjun, namum pada saat Ranselorange kesana sedang musim kemarau alhasil hanya ada satu Air Terjun yang tetap ada Debit Air nya, konon katanya hanya air terjun ini yang tidak pernah surut airnya walapun kemarau 6 Bulan. Nama air terjun ini Lematang. Disarankan untuk menuju air Terjun Lematang ketika akan pulang saja hal ini disebabkan Lokasinya di Kecamatan Dempo Utara Pagar Alam searah dengan jalan pulang menuju Lahat.







Demikianlah perjalanan Ranselorange di Gunung Dempo dan sekitarnya dengan mengexplore keindahan alam yang diciptakan Sang Khalik merefleksikan diri betapa kecilnya manusia di hadapan Sang Khalik, terus bersyukur dan selalu menghargai alam, jika kita menghargai Alam maka Alam akan bersahabat dengan kita.


Salam Hangat,
Ranselorange
Diah & Ivan

Read Users' Comments (2)

2 Response to "GUNUNG DEMPO PAGAR ALAM"

  1. download Film free, on 10 Februari 2016 22.34 said:

    wah tahun lalu sama keluarga ke sini

    Download film subtitle english

  2. Kharisma pertiwi, on 10 Februari 2018 06.29 said:

    Mb.. bisa kasih tau biaya serta transportasi n akomodasi yg mb pake di pagar alam gk?? Klo bisa. Email ke sni yaaa... kharismapertiwi25@gmail.com