KISKENDO GOA TERSEMBUNYI DI SEMARANG

Haii Sahabat Ranselorange,

Lanjut posting mengenai objek wisata di Semarang yu, kali ini bukan bahs wisata Bahari ataupun Pegunungan, tapi kali ini Ranselorange akan bahas mengenai Goa. Yuk kita mulai,,,,

Mungkin Goa KisKendo belum akrab di telinga sahabat Ranselorange, letak Goa KisKendo terletak 15 km dari kota Kendal tepatnya terletak di desa Trayu kecamatan Singorojo, kalau dari arah selatan, bisa melalui jalur Kecamatan Boja. Sedangkan bila melalui arah utara, pengunjung bisa lewat jalur Kecamatan Kaliwungu yang jaraknya lebih kurang delapan kilometer.Goa KisKendo ini terletak diketinggian 427 meter diatas permukan laut dengan suhu sekitar 25-30 derajat celcius.

Pemandangan di sekitar Goa ini sangat indah, ketika kita akan menyusuri Goa kita akan dimanjakan dengan pemandangan khas pedesaan. Hamparan sawah, aliran sungai terlihat jelas ketika kita baru tiba di Parkiran Goa KisKendo.

Pada saat itu Kami memilih Rute dari Kaliwungu, perjalanan Kaliwungu menuju Goa KisKendo sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. Dengan rute ini kami melewati kebun Jati terbesar di Semarang. Luar biasa kagumnya melihat luasnya kebun Jati dengan pohon Jati umurnya sudah puluhan tahun (sambil mikir kalo punya kebon seluas itu bisa jadi Milyoner nih hehehhe). Kebun Jati itu milik pemerintah Semarang. Disekitar lokasi ada tikungan yang sangat tajam, sehingga jika kita melewati tikungan itu menggunakan motor maka kita akan berpegangan sangat erat mungkin hal ini yang menginspirasi nama tanjakan itu "Tanjakan Mesra".

Panduan menuju Goa KisKendo pun sangat minim, sehingga kita harus benar-benar memperhatikan jalan. Patokan kami hanya Gapura sebelah kanan, bentuk Gapuranya tidak terlalu besar namum jika diperhatikan di depan gapura ternyata ada tulisan Goa KisKendo. Mulai lahh kami berbelok kanan memasuki gang yang membawa kami menuju TKP, jarak dari jalan raya menuju Goa Kiskendo sekitar 3km dengan keadaan jalan yang berbatu. Patokan lain setelah itu adanya Makam besar (lupa nama makamnya) yang terletak setelah Turunan. Tidak lama dari makam itu ada tikungan ke kiri, ambillah rute ini dan terus ikuti jalan ini. Hati-hati setelah belokan ini akan ada tanjakan sangat Curam, di dekat tanjakan curam ini ternyata ada penginapan, tapi terlihat sepi. Nah tidak jauh dari penginapan inilah Lokasi Goa KisKendo.

Awalnya kami sempat was-was dikarenakan keadaan yang sepi terlebih pada saat itu merupakan Longweekend, berbagai pertanyaan timbul dibenak kami, janggan-jangan sudah tutup?atau kami satu-satunya pengunjung?atau kami datang terlalu sore? (saat itu jam menunjukan pukul 15.20wib) hal ini didukung dengan warung-warung yang disekitar parkiran semua tutup. Kami tidak mau menyerah, perjalanan dua jam harus terbayarkan, kami nekad masuk dan tiba-tiba dikejutkan dengan petugas parkir yang muncul dari ujung jalan. Dengan sopan menyapa kami, "Monggo mas parkir disini saja" hufff suasana jadi cair. Saya sempat menanyakan perihal sepinya Lokasi ini, Juru parkir sedikit bercerita memang tidak banyak wisatawan yang datang walaupun libur panjang, hanya penduduk sekitar yang datang hal ini juga ketika saudara mereka yang berasal dari luar kota mengunjungi mereka. Mungkin karena promosi objek Wisata ini yang kurang, sehingga berdampak sepinya pengunjung.

Biaya parkir Rp.2.000,- dan tarif masuk Rp.4000,- per orang tarif yang sangat murah. Dari lokasi parkir kita bisa melihat pemandangan sekitar yang sunguh indah.

Tempat Parkir Goa KisKendo

Setelah memarkirkan kendaraan roda dua kami pun bergegas menuju lokasi, track yang kami lewati terdiri dari anak tangga yang sudah tidak terawat sehingga terkadang cendrung ditumbuhi lumut. Lupa menghitung berapa anak tangga untuk sampai ke pintu masuk goa, tapi cukup membuat berkeringat. Setelah cukup berkeringat tibalah kita di pintu masuk Goa KisKendo, kami kira tidak berpenghuni, ternyata ada petugas yang menanyakan tiket (huff untung tiket masuk tadi tidak kami buang). Setelah menunjukan tiket kami diberitahukan Goa KisKendo akan ditutup pukul 17.00 wib. Oke oke kami segera bergegas karna sisa waktu hanya 1,5 jam.

Pintu Masuk Goa Kris Kendo

Anak tangga menuju Goa KisKendo

Pasti pada heran kok ke Goa pake Rok, hehehhe iya nih saltum, keabisan kostum selama mudik gak bawa banyak kostum nih *alasan!!!. Anak tangga yang difoto itu ketika kita sudah melewati pintu masuk Goa KisKendo keadaannya lebih terawat dan seperti habis di renovasi, bagus deh karna ga repot kalo pake rok gini hufffff. Tidak terlalu lama akhirnya kami tiba di lokasi. Langsung ganti baju karena kami berniat akan berenang. Oh iya untuk informasi di dalam Goa ada Sungai yang bisa digunakan untuk berenang.

Di dalam Goa KisKendo

Siap untuk berenang!!!

Yihaaaaa akhirnya.....

Difoto nampak airnya tidak jernih, mungkin hal ini karena pantulan dari dinding-dinding Goa yang menguning karna proses alam. Airnya sangat dingin dan segar tentunya. Pada saat itu di TKP hanya sekitar 10 orang saja dan hanya kami berdua yang wisatawan asing, selebihnya penduduk sekitar. Untuk ganti baju pun tidak tersedia fasilitas ruang ganti baju sehingga kita harus masuk ke cela - cela Goa dan pastikan tidak ada yang melihat. hehhehe.

Aktivitas dalam Goa

Selain berenang aktivitas lain yang lebih menantang adalah berayun di akar-akar pepohonan, ada yang berani? kalo saya cukup berenang saja deh. Dikarenakan waktu sudah menunjukan pukul 17.00 kami pun bergegas meninggalkan Goa KisKendo. Pengalaman yang tak akan terlupakan.Senang sekali bisa mengunjungi objek wisata KisKendo semoga kelak Goa ini akan lebih terkenal yang bisa diandalkan untuk sektor pariwisata kota Semarang.

Siap pulang

Sampai ketemu diposting selanjutnya.........

Salam Hangat
Ranselorange
Diah dan Ivan

Read Users' Comments (4)

4 Response to "KISKENDO GOA TERSEMBUNYI DI SEMARANG"

1. Unknown, on 25 Juni 2013 pukul 19.13 said:

wah asik ni kayakny

2. Iyas Icad, on 16 Oktober 2013 pukul 19.53 said:

@Arifin:Asik banget,segera berkunjung kesana ya...

3. Risky Dwi Afriadi, on 15 November 2014 pukul 18.22 said:

Maap koreksi, ini di Kendal ya bkn di Smg, beda daerah soalnya hehe

4. Unknown, on 29 Juni 2017 pukul 23.29 said:

Mantab, mksh infonya, org tua kami asli sana, malah blm pernah ke goa...