Trip Ibu-ibu Limau Pulau Kemaro

Hai Sahabat Ransel Orange...

Kegiatan ini dalam rangka pembukaan arisan ibu-ibu Limau (sekarang udah beda gaulnya euy,arisan ala emak-emak) hehe. Meeting point kami di Prabumulih dan sesuai judul tujuan kami menuju Pulau Kemaro.

Pulau Kemaro, merupakan sebuah Delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri,yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Pulau kemaro berjarak sekitar 40 km dari kota Palembang. Pulau Kemaro adalah tempat rekreasi yg terkenal di Sungai Musi. Di tempat ini terdapat sebuah vihara cina (klenteng Hok Tjing Rio). Di Pulau Kemaro ini juga terdapat kuil Buddha yang sering dikunjungi umat Buddha untuk berdoa atau berziarah ke makam. Di sana juga sering diadakan acara Cap Go Meh setiap Tahun Baru Imlek.


Pose sebelum berangkat

Brangcusss

Kami menyewa kapal Putri Kembang Dadar, kapal ini sejenis kapal pesiar yang menyediakan jasa lengkap untuk acara. Mulai dari tour sekeliling sungai Musi , karaoke hingga menyediakan jasa Catering.

Cuaca saat itu sangat cerah pemandangan disekitar sungai Musi didominasi oleh pemdnadangan pabrik-pabrik yang masih mengepulkan asapnya. 


Siap tour di atas Sungai Musi
Untuk menuju Pulau Kemaro kami harus berganti kapal yang lebih kecil dan sekitar 10 menit akhirnya sampai juga di pulau Kemaro.

Welcome to Pulau Kemaro
Menurut legenda setempat, pada zaman dahulu, seorang putri Palembang dikirim untuk menikah dengan seorang anak raja dari Cina. Sang putri meminta 9 guci emas sebagai mas kawinnya. Untuk menghindari bajak laut maka guci-guci emas tersebut ditutup sayuran dan ketika sang anak raja membukanya dilihatnya hanya berisi sayuran maka guci-guci tersebut dibuangnya ke sungai. Rasa kecewa dan menyesal membuat sang anak raja memutuskan untuk menerjunkan diri ke sungai dan tenggelam. Sang putri pun ikut menerjunkan diri ke sungai dan juga tenggelam. Sang putri dikuburkan di Pulau Kemaro tersebut dan untuk mengenangnya dibangunlah Kuil. (Info dari Wikipedia).

Didepan Makam

Pagoda



 Kurang lebih si di Pulau Kemaro hanya ada itu saja, yah lumayan lah buat hiburan di Palembang yang minim sarana wisata alam. Satu jam di Pulau Kemaro kami kembali lagi ke Putri Kembang Dadar untuk santap siang.

Lunch Time




Back Ground Pabrik Pusri

Tepat pukul 15:00 kapal kami sudah bersandar dan berarti usai sudah tour sungai Musi kami, selanjutnya kami akan kembali ke Prabumulih.

Background Jembatan Ampera


Sebelum pulang sempatkan berfoto di background Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besakh.

Salam,
Diah

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Trip Ibu-ibu Limau Pulau Kemaro"